THE USE OF ENGLISH CONVERSATION APPLICATION TO IMPROVE THE STUDENTS’ PRONUNCITION SKILL
Kata Kunci:
Speaking, Pronunciation skill, Pre-experimental designAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan pengucapan siswa dengan menggunakan Aplikasi Percakapan Bahasa Inggris sebagai media untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa dalam hal pengucapan. Peneliti menerapkan penelitian Pra-Eksperimental dengan satu kelas pre dan post test. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian adalah siswa sosial (IPS.1) SMA Neegri 1 Gowa tahun akademik 2018/2019 yang terdiri dari 32 siswa. Peneliti menggunakan percakapan sebagai instrumen dalam tes sebelum dan sesudah. Masalah berbicara siswa dalam pelafalan dapat dikurangi dengan menggunakan Aplikasi Percakapan Bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil penemuan, skor utama pelafalan siswa dalam fonem adalah 57,57 yang tergolong sangat rendah, dan peningkatannya adalah 85,21. skor utama pengucapan siswa dalam fonem suprasegmental adalah 56,65 yang digolongkan sangat rendah, dan peningkatannya adalah 85,32. Hasil peningkatan juga dibuktikan dengan nilai uji-t. Peneliti menemukan bahwa uji-t lebih besar dari t tabel, pengucapan adalah (8,67> 1696). Artinya di sini ada perbedaan yang signifikan antara hasil pre dan post test siswa. Dengan kata lain, penggunaan Aplikasi Percakapan Bahasa Inggris efektif untuk meningkatkan keterampilan pengucapan siswa dalam hal fonem suprasegmental di kelas sepuluh SMA Negeri 1 Gowa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.