AN ANALYSIS OF TEACHERS’ QUESTIONING STRATEGIES DURING THE CLASSROOM INTERACTION AT SMAN 4 MAKASSAR

Penulis

  • Dian Ekawati Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Andi Tenri Ampa Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Awalia Azis Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Questioning Strategy, Classroom Interaction, Descriptive Qualitative Method

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pertanyaan yang digunakan guru bahasa Inggris dan alasan mengapa guru bahasa Inggris menggunakan strategi pertanyaan mereka selama interaksi dalam kelas di SMAN 4 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari observasi dengan perekam video dan wawancara dengan perekam audio. Data diambil dari tiga guru bahasa Inggris di SMAN 4 Makassar untuk mengetahui apa saja strategi pertanyaan yang digunakan guru bahasa Inggris dan alasan mengapa guru bahasa Inggris menggunakan strategi pertanyaan mereka selama interaksi dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang digunakan adalah Strategi Perencanaan Pertanyaan dan Strategi Pengontrolan Pertanyaan. Guru Bahasa Inggris secara aktif menggunakan strategi tanya jawab dalam interaksi kelas sehingga mereka ditanyai pertanyaan untuk memeriksa tentang pemahaman siswa tentang materi sebelumnya, untuk menarik perhatian siswa, untuk mendukung siswa untuk kontribusi di kelas dan juga untuk memotivasi siswa untuk mempelajari. Dan alasan mengapa guru bahasa Inggris menggunakan strategi pertanyaan mereka adalah sesuai dengan fungsi dari jenis strategi pertanyaan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-06-28

Cara Mengutip

Ekawati, D. ., Andi Tenri Ampa, & Awalia Azis. (2021). AN ANALYSIS OF TEACHERS’ QUESTIONING STRATEGIES DURING THE CLASSROOM INTERACTION AT SMAN 4 MAKASSAR. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 8(1), 68–80. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/387

Terbitan

Bagian

Articles