AN ANALYSIS OF TEACHERS’ QUESTIONING STRATEGIES DURING THE CLASSROOM INTERACTION AT SMAN 4 MAKASSAR
Kata Kunci:
Questioning Strategy, Classroom Interaction, Descriptive Qualitative MethodAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pertanyaan yang digunakan guru bahasa Inggris dan alasan mengapa guru bahasa Inggris menggunakan strategi pertanyaan mereka selama interaksi dalam kelas di SMAN 4 Makassar. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan dari observasi dengan perekam video dan wawancara dengan perekam audio. Data diambil dari tiga guru bahasa Inggris di SMAN 4 Makassar untuk mengetahui apa saja strategi pertanyaan yang digunakan guru bahasa Inggris dan alasan mengapa guru bahasa Inggris menggunakan strategi pertanyaan mereka selama interaksi dalam kelas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru yang digunakan adalah Strategi Perencanaan Pertanyaan dan Strategi Pengontrolan Pertanyaan. Guru Bahasa Inggris secara aktif menggunakan strategi tanya jawab dalam interaksi kelas sehingga mereka ditanyai pertanyaan untuk memeriksa tentang pemahaman siswa tentang materi sebelumnya, untuk menarik perhatian siswa, untuk mendukung siswa untuk kontribusi di kelas dan juga untuk memotivasi siswa untuk mempelajari. Dan alasan mengapa guru bahasa Inggris menggunakan strategi pertanyaan mereka adalah sesuai dengan fungsi dari jenis strategi pertanyaan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.