AN ANALYSIS OF NEGOTIATION OF MEANING IN SPEAKING CLASS AT THE SECOND GRADE OF SMAN 1 BARRU

Penulis

  • Helmi Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Radiah Hamid Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Sujariati Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Speaking, Negotiation of Meaning, Descriptive Qualitative Approach

Abstrak

Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk mengetahui komponen mana dalam negosiasi makna yang sebagian besar digunakan oleh siswa di kelas dua SMAN 1 Barru di kelas berbicara. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar observasi dan rekaman. Berdasarkan temuan penelitian, beberapa siswa di kelas dua SMAN 1 Barru menerapkan negosiasi makna dalam percakapan mereka. Semua komponen dalam negosiasi makna digunakan oleh siswa. Frekuensi tertinggi dalam negosiasi makna yang mereka gunakan adalah trigger (pemicu). Frekuensi terendah adalah respons. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa komponen dalam negosiasi makna yang banyak digunakan oleh siswa adalah pemicu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-06-28

Cara Mengutip

Helmi, Hamid, R. ., & Sujariati. (2021). AN ANALYSIS OF NEGOTIATION OF MEANING IN SPEAKING CLASS AT THE SECOND GRADE OF SMAN 1 BARRU . Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 8(1), 92–100. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/390

Terbitan

Bagian

Articles