THE IMPLEMENTATION OF DRAMA IN TEACHING SPEAKING AT THE EIGHT GRADE OF SMP NASIONAL MAKASSAR
Kata Kunci:
Speaking, Drama, Teaching EnglishAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan peningkatan kemampuan siswa dalam berbicara dengan menggunakan Teknik Drama yang berfokus pada akurasi (pengucapan dan kosa kata) dan kelancaran (kelancaran). Desain penelitian menggunakan Pre-Eksperimental, di mana ia menggunakan pra-tes dan perbandingan post-test untuk mengetahui hasil penelitian. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Nasional Makassar. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII F SMP Nasional Makassar yang terdiri dari 27 siswa dan sampel diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Temuan penelitian menunjukkan bahwa siswa kelas delapan SMP Nasional Makassar memiliki nilai buruk dalam pre-test. Setelah perawatan, kemampuan berbicara mereka dalam drama meningkat secara signifikan. Penggunaan drama efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara terutama dalam akurasi (pengucapan dan kosa kata) dan kelancaran. Itu dibuktikan dengan skor rata-rata akurasi dan kelancaran sebelum dan sesudah memberikan perawatan adalah skor pengucapan ditingkatkan (72%) Skor kosa kata juga meningkat (78%) dan skor kelancaran juga meningkat (71%) . Disimpulkan bahwa penggunaan Teknik Drama meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara dalam hal akurasi (pengucapan dan kosa kata) dan kelancaran (kelancaran).
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.