INCORPORATING ENGLISH CLASSROOM ACTIVITY AND ENGLISH EXTRACURRICULAR ACTIVITY IN PROMOTING STUDENTS’ SPEAKING SKILL
Kata Kunci:
Speaking Fluency, English Activity, English Extracurricular ActivityAbstrak
Penelitian tesis ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berbicara siswa dengan menggabungkan Kegiatan Bahasa Inggris dan Kegiatan Ekstrakurikuler Bahasa Inggris. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimental, dimana untuk mengetahui hasil penelitian menggunakan perbandingan pre-test dan post-test, populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMKN 1 Takalar yang terdiri dari sebelas siswa. kelas. Setiap kelas terdiri dari 31 siswa, sehingga jumlah populasinya adalah 210 siswa. Dari jumlah populasi tersebut, peneliti mengambil satu kelas untuk dijadikan sampel penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian ini adalah tes berbicara. Untuk menganalisis skor prestasi siswa dalam pre-test dan post-test tentang “Efektivitas English Activity dan English Extracurricular Activity untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa”, peneliti menggunakan analisis t-test. Hasil data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara pre-test dan post-test. Nilai t-test segi kelancaran (14,88) lebih besar dari t-tabel (1,697) pada taraf signifikan (p) = 0,05 derajat kebebasan (df) = 30. Dapat dikatakan hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) diterima. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah menggunakan English Activity dan English Extrakurikuler Activity atau dapat dikatakan bahwa penggabungan English Activity dan English Extrakurikuler efektif untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa di Kelas XI. Siswa SMKN 1 Takalar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.