USING SMARTPHONE VIDEO RECORDER AS A TOOL TO IMPROVE STUDENTS ENGLISH SPEAKING SKILL

Penulis

  • Nur Aeni Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Hasnawati Latief Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Awalia Azis Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Speaking, Strategy, Anxiety

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan strategi siswa dalam mengatasi kecemasan mereka dalam berbicara bahasa inggris. data dikumpulkan dari mahasiswa semester tiga jurusan bahasa inggris. penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Wawancara dilakukan kepada 21 siswa dari kelas bg3b, berdasarkan hasil wawancara, peneliti mendapatkanl 4 siswa yang tidak cemas dan 17 siswa yang merasa cemas selanjutnya peneliti memberikan kuesioner terhadapa siswa yang memiliki rasa kecemasan. Wawancara digunakan sebagai sampel dan kuesioner di gunakan untuk mencari strategis siswa. Kuesioner yang digunakan adalah skala likert.Berdasarkan hasil kuesioner, siswa lebih suka menggunakan strategi relexation untuk mengatasi kecemasan mereka dalam berbicara bahasa inggris. Persentase relaksasi adalah 97,5%. Strategi kedua adalah persiapan sengan persentase 93,01%. strategi ketiga adalah berpikir positif, yaitu 75,2%. Strategi keempat adalah pencarian teman yaitu 63,5%. dan strategi terendah adalah pengunduran diri yaitu 34,3%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Nur Aeni, Hasnawati Latief, & Awalia Azis. (2022). USING SMARTPHONE VIDEO RECORDER AS A TOOL TO IMPROVE STUDENTS ENGLISH SPEAKING SKILL . Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 9(1), 74–92. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/411

Terbitan

Bagian

Articles