IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING IN READING COMPREHENSION THROUGH DIRECTED READING THINKING ACTIVITY AT SMAN 2 ENREKANG

Penulis

  • Nur Afni Fadillah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Nur Devi Bte Abdul Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Ratu Yulianti Natsir Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Directed Reading Thinking, Activity, Critical Thinking, Reading Comprehension

Abstrak

Metode Penelitian Ini Adalah Penelitian Pre-Eksperimenta. Sampel Peneelitian Ini Terdiri Dari Kelas Eksperimen. Yakni, Kelas X Ipa 4 Berjumlah 30 Siswa. Di Kelas Digunakan Aktivitas Membaca Terarah (Drta). Sampel Diambil Dengan Teknik Cluster Sampling.Berdasarkan Temuan, Di Temukan Aspek Relevan Dan Akurasi Pemikiran Kritis Yang Meningkat Secara Signifikan. Nilai Signifikan (2-Tailed) Adalah 0.000 (P>0.05). Dan Nilai T-Test Lebih Tinggi Dari T-Table, Tabel Menunjukkan Hasil 4.722>2.045 Itu Berarti Bahwa Ada Peningkatan Dalam Pemikiran Kritis Siswa Dalam Pemahaman Membaca Sebelum Dan Sesudah Memberikan Perlakuan Menggunakan Teks Naratif. Oleh Karena Itu, Hasil Pre-Test Dan Post-Test Membuktikan Post-Test Lebih Tinggi. Berdasarkan Penjelasan Tersebut, Aktivitas Berfikir Membaca Terarah (Drta) Dapat Meningkatkan Pemikiran Kritis Dalam Pemahaman Membaca.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Fadillah, N. A., Nur Devi Bte Abdul, & Ratu Yulianti Natsir. (2022). IMPROVING STUDENTS’ CRITICAL THINKING IN READING COMPREHENSION THROUGH DIRECTED READING THINKING ACTIVITY AT SMAN 2 ENREKANG. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 9(1), 93–101. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/412

Terbitan

Bagian

Articles