THE EFFECTIVENESS OF USING WORD SQUARE METHOD IN TEACHING ENGLISH

Penulis

  • Nur Azyza Malik Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Andi Tenri Ampa Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Firman Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Word Square Method, Quasi-experimental, SPSS

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara siswa akurasi berbicara dalam istilah kosa kata, pengucapan, dan tata bahasa yang diajarkan melalui penggunaan metode Word Square dan mereka yang diajarkan melalui penggunaan Group Investigation.Metode dalam penelitian ini adalah quasi-penelitian eksperimental. Penelitian quasi-eksperimental yang dirancang digunakan dua kelas yang diajarkan dua metode yang berbeda. Kelas eksperimen diajarkan dengan metode Word Square dan kelas kontrol diajarkan dengan Grup Investigation. Populasi siswa kelas tujuh SMP Unismuh Makassar terdiri dari 91 siswa, sampel tersebut adalah 42 siswa, dibagi dengan 21 siswa untuk setiap kelas.Penelitian ini diambil dengan menggunakan purposive sampling. Selain itu, penelitian ini dilakukan melalui prosedur berikut: memberikan pre-tes, menerapkan treatment, dan memberikan post-test. Data dianalisis dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes berbicara, setelah mendapatkan Skor dari tes lisan, itu dianalisis dan diproses dengan menggunakan data statistik perhitungan T-Test formula dengan menggunakan SPSS. Hasil penelitian membuktikan bahwa ada perbedaan Skor antara siswa dalam belajar akurasi berbicara dengan menggunakan metode Word Square dan dengan menggunakan Group Investigation. Menurut hasil perhitungan Statistik dapat dilihat bahwa nilai rata-rata post-test di kelas eksperimental adalah 76,26 dan nilai rata-rata Post-Test di kelas kontrol adalah 66,00. Nilai t-tes lebih tinggi dari rasio pada t-tabel (-3,432 > 2,021). Oleh karena itu, H0 ditolak dan H1 diterima.Kesimpulannya, metode Word Square dapat digunakan secara efektif untuk mengajar kompetensi siswa kelas tujuh SMP Unismuh Makassar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-06-30

Cara Mengutip

Nur Azyza Malik, Andi Tenri Ampa, & Firman. (2022). THE EFFECTIVENESS OF USING WORD SQUARE METHOD IN TEACHING ENGLISH . Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 9(1), 102–109. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/413

Terbitan

Bagian

Articles