STUDENT PERCEPTION TOWARDS MICROTEACHING SUBJECT BY THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF MAKASSAR MUHAMMADIYAH UNIVERSITY

Penulis

  • Awalia Rhaodatul Mutmainnah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Muhammad Basri Dalle Universitas Muslim Indonesia
  • Eka Prabawati Rum Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Perception, Microteaching, Descriptive Study

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap mata kuliah microteaching di Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar dan untuk mengetahui apakah mata kuliah Microteaching mendukung Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar. Peneliti menggunakan metode deskriptif. Populasi adalah mahasiswa semester tujuh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas Muhammadiyah Makassar Tahun Pelajaran 2018/2019 yang terdiri dari 10 angkatan. Masing-masing terdiri dari sekitar 35-38 siswa. Dengan demikian, jumlah keseluruhan peserta adalah 380 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan angket dengan 6 item yang diberikan kepada 30 siswa dan 4 item pertanyaan melalui wawancara yang diberikan kepada 10 siswa. dari pernyataan. Rerata besar, rata-rata total dibagi jumlah pernyataan adalah 3,54 dan 88,75% artinya siswa memiliki persepsi positif berdasarkan skala interval. Selain itu siswa merasakan pengalaman positif setelah mempelajari mata pelajaran microteaching dan hal ini mendukung keterampilan mengajar mereka sebelum melakukan praktik mengajar di sekolah dan meminimalkan kesalahan saat praktik mengajar di masa depan akan berhasil.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-06-29

Cara Mengutip

Awalia Rhaodatul Mutmainnah, Muhammad Basri Dalle, & Eka Prabawati Rum. (2019). STUDENT PERCEPTION TOWARDS MICROTEACHING SUBJECT BY THE ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM OF MAKASSAR MUHAMMADIYAH UNIVERSITY. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 6(1), 50–58. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/299