THE INFLUENCE OF TEACHER PROFESSIONALISM ON STUDENTS OUTCOME IN ENGLISH LEARNING AT SMAN 11 BONE
Kata Kunci:
Teacher Professionalism, Students Outcome, Descriptive Quantitative methodAbstrak
Peneliti menggunakan metode Deskriptif Kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 11 Bone yang berjumlah 32 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Peneliti mengumpulkan data dengan menggunakan dua instrumen yaitu pertama observasi langsung (observation checklist) untuk memperoleh data tentang guru yang terdiri dari pembuatan program belajar mengajar, pelaksanaan proses belajar mengajar (RPP) dan tata cara guru mengelola kelas. . Hasil penelitian menunjukkan bahwa checklist observasi guru menunjukkan sebagian besar kegiatan mengajar yang dilakukan guru sesuai dengan checklist observasi yang telah dibuat. Kedua instrumen angket untuk memperoleh data tentang pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Instrumen ini dikerjakan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata siswa memiliki pernyataan positif sedangkan hanya sedikit siswa yang memiliki pernyataan negatif terhadap pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Hal itu dilihat dari 25 pernyataan yang diajukan. Dapat disimpulkan bahwa hampir semua siswa memiliki pengaruh positif terhadap pengaruh profesionalisme guru terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.