THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO PRESENTATION ON YOUTUBE TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING ABILITY AT TENTH GRADE STUDENTS OF SMA MUHAMMADIYAH 4 MAKASSAR

Penulis

  • Hariyati Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Erwin Akib Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Amar Ma’ruf Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Video Online, YouTube, Narrative, DescriptiveText

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan Video Presentation di Youtube untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas X (SMA Muhammadiyah 4 Makassar pada tahun ajaran 2018/2019). Penelitian ini menggunakan Penelitian Pra Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X A dengan teknik Purposive Sampling. Peneliti memberikan presentasi video di YouTube dengan teks naratif dan deskriptif untuk mengukur kemampuan mendengarkan siswa. Semua siswa diberikan pre-test sebelum menggunakan video online di Youtube setelah mereka mendapatkan perlakuan, peneliti memberikan post-test kepada siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Makassar pada tahun ajaran 2018/2019 sebelum diajarkan melalui video online di youtube termasuk kategori kurang baik. Nilai rata-rata pre-test adalah 38,43 dan nilai rata-rata post-test adalah 65. Artinya, nilai rata-rata post-test lebih besar daripada nilai rata-rata pre-test. Kemudian peningkatan kemampuan mendengarkan siswa sebesar 0,06%. Kemudian nilai t-hitung untuk kemampuan mendengarkan siswa 7,30 dan t-tabel untuk kemampuan mendengarkan siswa adalah 2,131. artinya t-test lebih besar dari t-tabel. Hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video presentasi di YouTube efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam hal ketepatan jawaban. kelas X SMA Muhammadiyah 4 Makassar.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-12-29

Cara Mengutip

Hariyati, Erwin Akib, & Amar Ma’ruf. (2019). THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO PRESENTATION ON YOUTUBE TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING ABILITY AT TENTH GRADE STUDENTS OF SMA MUHAMMADIYAH 4 MAKASSAR . Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 6(2), 169–183. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/329

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama