THE EFFECTIVENESS OF USING VIDEO PRESENTATION ON YOUTUBE TO IMPROVE STUDENTS’ LISTENING ABILITY AT TENTH GRADE STUDENTS OF SMA MUHAMMADIYAH 4 MAKASSAR
Kata Kunci:
Video Online, YouTube, Narrative, DescriptiveTextAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektif tidaknya penggunaan Video Presentation di Youtube untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa kelas X (SMA Muhammadiyah 4 Makassar pada tahun ajaran 2018/2019). Penelitian ini menggunakan Penelitian Pra Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I dengan sampel penelitian ini adalah siswa kelas X A dengan teknik Purposive Sampling. Peneliti memberikan presentasi video di YouTube dengan teks naratif dan deskriptif untuk mengukur kemampuan mendengarkan siswa. Semua siswa diberikan pre-test sebelum menggunakan video online di Youtube setelah mereka mendapatkan perlakuan, peneliti memberikan post-test kepada siswa.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan mendengarkan siswa kelas X SMA Muhammadiyah 4 Makassar pada tahun ajaran 2018/2019 sebelum diajarkan melalui video online di youtube termasuk kategori kurang baik. Nilai rata-rata pre-test adalah 38,43 dan nilai rata-rata post-test adalah 65. Artinya, nilai rata-rata post-test lebih besar daripada nilai rata-rata pre-test. Kemudian peningkatan kemampuan mendengarkan siswa sebesar 0,06%. Kemudian nilai t-hitung untuk kemampuan mendengarkan siswa 7,30 dan t-tabel untuk kemampuan mendengarkan siswa adalah 2,131. artinya t-test lebih besar dari t-tabel. Hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan video presentasi di YouTube efektif untuk meningkatkan kemampuan menyimak siswa dalam hal ketepatan jawaban. kelas X SMA Muhammadiyah 4 Makassar.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2019 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.