EFFECTIVENESS OF USING YOUTUBE VIDEO IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH ASKING AND ANSWER QUESTIONS

Penulis

  • Andi Putrawansyah Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Nunung Anugrawati Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Eka Prabawati Rum Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia

Kata Kunci:

Youtube video materials, speaking skill, vocabulary and pronunciation, procedure text

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan signifikansi dari penggunaan video youtube sebagai hasil pengembangan materi dalam mengajar speaking. Video youtube materi sendiri berarti bahwa peneliti mendesain materi ke dalam bentuk video yang bersumber dari aplikasi youtube.  Materi yang didesain dalam penelitian ini adalah procedure text. Batasan tujuan dari penelitian ini adalah focus untuk menganalisis kemampuan berbicara dalam hal kosakata dan pengucapan dengan menggunakan materi video youtube melalui bertanya dan menjawab pertanyaan. Metode penelitian ini adalah metode percobaan satu kelas pretest dan posttest. Subjek penelitian ini dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Intrument penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes lisan. Tes dibagi menjadi pretest dan posttest. Di pretest, siswa diberikan sebuah gambar tentang teks prosedur dan setelah itu siswa berbicara secara lisan didepan kelas. Di posttest, siswa diberikan tiga gambar tentang teks prosedur dan siswa harus memilih salah satu dari ketiga gambar yang telah di pilih kemudian berbicara secara lisan didepan kelas. Berdasarkan hasil dari pre test and post test, ditemukan thitung 15.64 dengan menggunakan 0.05 sebagai level signifikan dengan degree of freedom 29 (df = 30 – 1 = 29, maka dipeoleh ttabel 2.045 dari rata-rata skor pretest 3.97 dan posttest 5.12. Ini menunjukkan bahwa materi video youtube memiliki efek yang sigifikan untuk meningkatkan kemampuan berbicara teks prosedur tdalam hal kosa kata dan pengucapan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-06-28

Cara Mengutip

Andi Putrawansyah, Nunung Anugrawati, & Eka Prabawati Rum. (2020). EFFECTIVENESS OF USING YOUTUBE VIDEO IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH ASKING AND ANSWER QUESTIONS. Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan (JKIP), 7(1), 93–103. Diambil dari https://jurnal.fkip.unismuh.ac.id/index.php/jkip/article/view/353

Terbitan

Bagian

Articles

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama