EFFECTIVENESS OF USING YOUTUBE VIDEO IN IMPROVING STUDENTS’ SPEAKING SKILL THROUGH ASKING AND ANSWER QUESTIONS
Kata Kunci:
Youtube video materials, speaking skill, vocabulary and pronunciation, procedure textAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menemukan signifikansi dari penggunaan video youtube sebagai hasil pengembangan materi dalam mengajar speaking. Video youtube materi sendiri berarti bahwa peneliti mendesain materi ke dalam bentuk video yang bersumber dari aplikasi youtube. Materi yang didesain dalam penelitian ini adalah procedure text. Batasan tujuan dari penelitian ini adalah focus untuk menganalisis kemampuan berbicara dalam hal kosakata dan pengucapan dengan menggunakan materi video youtube melalui bertanya dan menjawab pertanyaan. Metode penelitian ini adalah metode percobaan satu kelas pretest dan posttest. Subjek penelitian ini dengan menggunakan tehnik purposive sampling. Intrument penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan tes lisan. Tes dibagi menjadi pretest dan posttest. Di pretest, siswa diberikan sebuah gambar tentang teks prosedur dan setelah itu siswa berbicara secara lisan didepan kelas. Di posttest, siswa diberikan tiga gambar tentang teks prosedur dan siswa harus memilih salah satu dari ketiga gambar yang telah di pilih kemudian berbicara secara lisan didepan kelas. Berdasarkan hasil dari pre test and post test, ditemukan thitung 15.64 dengan menggunakan 0.05 sebagai level signifikan dengan degree of freedom 29 (df = 30 – 1 = 29, maka dipeoleh ttabel 2.045 dari rata-rata skor pretest 3.97 dan posttest 5.12. Ini menunjukkan bahwa materi video youtube memiliki efek yang sigifikan untuk meningkatkan kemampuan berbicara teks prosedur tdalam hal kosa kata dan pengucapan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.