IMPROVING STUDENTS ABILITY IN READING COMPREHENSION NEWS ITEM TEXT BY USING OLD AND NEW INFORMATION
Kata Kunci:
Reading Comprehension, Improve, Using old and New InformationAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menjelaskan bahwa kemampuan membaca siswa dapat ditingkatkan dengan baik dengan menggunakan informasi lama dan informasi baru di SMA MUHAMMADIYAH 9 MAKASSAR. Desain penelitian ini adalah pra-eksperimental. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA MUHAMMADIYAH 9 MAKASSAR yang terdiri dari 20 siswa. Pengumpulan data menggunakan pre-test dan post-test untuk mengetahui kemampuan membaca siswa sebelum treatment dan setelah treatment. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada atau tidaknya peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks berita dengan menggunakan informasi lama dan informasi baru. Hasil dari analisis data melalui tes membaca tersebut juga menunjukkan bahwa skor rata-rata pre-test adalah 79,2 dan post-test adalah 85,2, sedangkan standar deviasi pre-test adalah 18,7 dan post-test adalah 11. Perbedaan signifikan dari t-test dan t-tabel melalui hasil pre-test dan post-test, hasil nilai t-test dari level signifikan 5% = 0,05, degree of freedom (df) = 19 menunjukkan bahwa nilai t-tabel adalah 2,093 dan nilai t-test adalah 33,080. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hipotesis statistik H1 diterima dan hipotesis statistik H0 ditolak. Ini berarti bahwa materi Item Berita dalam pengajaran dapat meningkatkan pemahaman siswa dalam membaca.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan (JKIP)
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.