Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Outing Class Pada Mata Pelajaran Ipas Kelas V A UPTD SDN 145 Inpres Pampangan
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i4.1164Kata Kunci:
Hasil Belajar, Metode BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan meode pembelajaran outing class pada mata pelajaran IPAS kelas V A SDN 145 Inpres Pampangan. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian ini adalah V A yang berjumlah 33 siswa yang terdiri dari 23 laki-laki dan 10 perempuan. Pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan selama 3 pekan. Pelaksanaan tindakan ini dilaksanakan selama tiga pekan, setiap pekannya mencakup pembelajaran dan penilaian. Penyajian materi siklus pertama dimulai tanggal 14 September 2023 dan tes siklus pertama pada tanggal 18 September 2023. Penyajian materi siklus kedua dimulai tanggal 19 September 2023 dan tes siklus kedua dilaksanakan pada tanggal 23 Oktober 2023. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa siklus I mencapai rata-rata 73,13%. Kemudian pada siklus II meningkat menjadi 91,54%. Kontribusi penerapan metode pembelajaran outing class terhadap peningkatan hasil belajar siswa sangat signifikan artinya berada pada kategori tinggi. Maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru menerapkan metode pembelajaran outing class dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS di kelas V A UPTD SDN 145 Inpres Pampangan.
Unduhan
Referensi
Afandi, M., Chamalah, E., & Wardani, O.P. 2013. Model dan Metode Pembelajaran di Sekolah. Semarang: Unissula Press.
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. (2022). Kajian akademik kurikulum untuk pemulihan pembelajaran.
Ankunto, Suharsimi. 1992. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta.
Daulay, M., Nugraha, M. A., Nababan, S. A., & Hanum, L. 2023). Penerapan Pembelajaran Outing Class Sejarah di SMA UISU Medan. Keguruan, 11(1), 62-67.
Erva, R. A. L., Yulia, Y., & Nisa, A. F. 2023. Implementasi Metode Outing Class di Sentra Industri Kerajinan Bambu Ngampiran sebagai Sarana Apresiasi Karya Seni Berbasis Kearifan Lokal. JS (JURNAL SEKOLAH), 6(3), 48–56.https://doi.org/10.24114/js.v6i3.35542.
Fakhrudin, Umar Asef. 2018. Sukses menjadi Guru PAUD. Jakarta: Remaja Rosdakarya.
Handiyani, M. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826.
Hidayat, R & Abdillah. 2019. Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori dan Aplikasinya”. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).
Kemendikbud. (2022). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di Jenjang SD. https://ditpsd.kemdikbud.go.id/artikel/detail/hal-hal-esensial-kurikulum-merdeka-di-jenjang-sd.
Mukaromah, S. 2018. Metode Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) pada Kelas III B di MI Bakii Kesugihan 01 Cilacap Tahun Pelajaran 2017/2018. Skripsi. Purwokerto: IAIN Purwokerto.
Nugraha, M. A., & Tanjung, A. 2020. INOVASI PEMBELAJARAN SEJARAH DI PONDOK PESANTREN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Rahim, R., & Alam, A. S. 2023. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Outing Class terhadap Pembendaharaan Kosa Kata Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas V di SD Negeri 9 Sumanga. EDULEC: EDUCATION, LANGUAGE AND CULTURE JOURNAL, 3(2), 145-160.
Solkhan, M. (2019). Analisis Pengaruh Komunikasi Dan Interaksi Pada Kegiatan Outbound Training Terhadap Kerjasama Pegawai. Jurnal Nomosleca,5(2),139–154. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v5i2.3441
Sutarman, Maman dan Asih. 2016. Manajemen Pendidikan Usia Dini. Bandung : Pustaka Setia.
Yusuf, Syamsu dan Nani M.Sugandi. 2011. Perkembangan Peserta Didik. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.