PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MAKE A MATCH TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS V DI SD NEGERI 60 MONCONGLOE LAPPARA KABUPATEN MAROS
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v3i1.1295Kata Kunci:
Hasil Belajar, Model Pembelajaran, SiswaAbstrak
Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksankan terhadap siswa kelas V di SD Negeri 60 Moncongloe Lappara Kabupaten Maros. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match yang sangat berpengaruh terhadap perkembangan pengetahuan siswa dalam proses belajar mengajar berlangsung, dimana setelah melakukan observasi langsung ke sekolah SD Negeri 60 Moncongloe Lappara Kabupaten Maros ternyata proses pembelajarannya masih kurang efektif serta rendahnya nilai hasil belajar yang didapatkan siswa terhadap mata pelajaran PPKn, oleh sebab itu peneliti menggunakan model pembelajaran Make a Match pada kelas V di SD Negeri 60 Moncongloe Lappara Kabupaten Maros. Pada siklus I diperoleh hasil belajar siswa dengan rata-rata 58,75 sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 82,45. Pada penerapan metode pembelajaran Make a Match ini menggambarkan bahwasanya model ini berhasil diterapkan pada siswa kelas V di SD Negeri 60 Moncongloe Lappara Kabupaten Maros. Hasil ini dibuktikan dengan nilai hasil belajar siswa dimana hasil belajar siswa mengalami peningkatan.
Unduhan
Referensi
Fathurrohman, Muhammad. "Model-model pembelajaran." Jogjakarta: Ar-ruzz media (2015)
Khaulani, Fatma, Eddy Noviana, and Gustimal Witri. "Penerapan metode brainstorming dengan bantuan media gambar grafis untuk meningkatkan hasil belajar Pkn siswa kelas V SD Negeri 009 Pulau Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar." Jurnal PAJAR (Pendidikan dan pengajaran) 3.1 (2019): 18-25.
Purnomo, Bambang Hari. "Metode dan teknik pengumpulan data dalam penelitian tindakan kelas (classroomaction research)." Jurnal Pengembangan Pendidikan 8.1 (2011): 210251.
Ratuni, Ratuni. "Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Materi Menghitung Pajak Penghasilan Dalam Mata Pelajaran Ips Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together Pada Siswa Kelas Viii Semester Genap Tahun Pelajaran 2011/2012 Di Smp Kristen Selat Kabupaten Kapuas." Jurnal Socius 2.1
Saeful, K. Saeful Akbar. "Peningkatan Kemampuan Kolaborasi dan Komunikasi Siswa Kelas VII melalui Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Jigsaw." Jurnal Pakar guru 2.2 (2022): 189-195.
Wulandari, Komang Evita, Ketut Suarni, And Ndara Tanggu Renda. "Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Berbasis Penilaian Portofolio Terhadap Hasil Belajar Ipa." Journal Of Education Action Research 2.3 (2018): 240-248.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.