Pengaruh Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas Xi MIPA 4 SMA Negeri 8 Maros
DOI:
https://doi.org/10.56983/jgps.v2i2.1162Kata Kunci:
Discovery Learning, Model Pembelajaran, hasil belajar siswaAbstrak
Tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui pengaruh discovery learning terhadap hasil belajar siswa di kelas XI MIPA 4 SMA 8 MAROS. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA 4 yang berjumlah 36 peserta didik, perempuan 23 orang dan laki-laki 13 orang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (CAR). Dalam penelitian tindakan kelas terdiri dari II siklus, dimana satu siklus terdiri atas empat komponen, yaitu: (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (action), (3) pengamatan (observing), dan (4) refleksi (reflecting). Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu, datanya dianalisis apabila siswa telah berhasil mencapai atau melewati standar nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) sebesar 80%. Hasil menunujukkan bahwa ketuntasan belajar mencapai 83% atau ada 30 siswa dari 36 siswa sudah tuntas belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa pada siklus II ini ketuntasan belajar secara klasikal telah mengalami peningkatan lebih baik dari siklus I.
Unduhan
Referensi
Ekaputra, F. (2023). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Praktikum Dengan Model Discovery Learning Dalam Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi Dan Kreativitas Mahasiswa. Paedagoria : Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 14(3), 238–242. Retrieved from http://journal.ummat.ac.id/index.php/paedagoria
Etikamurni, D. P., Istyowati, A., & Ayu, H. D. (2023). Upaya Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Melalui Discovery Learning-Berdiferensiasi di Era Kurikulum Merdeka. Jurnal Terapan Sains & Teknologi Rainstek, 5(2), 180–189. Retrieved from ejournal.unikama.ac.id/index.php/jtst
Fazriansyah, M. F. (2023). Efektivitas Model Discovery Learning Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR), 4(2), 275–283.
Harefa, D. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Talking CHIPS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Junal Pendidikan Biologi, 4(1), 83–99.
Hasan, S., Hasanah, R., & Jannah, S. W. (2023). Peran dan Kontribusi Masyarakat Pesantren Dalam Berbangsa dan Bernegara. Tabsyir : Jurnal Dakwah Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–32.
Herita, M. S. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Pada Materi Laju Reaksi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Kinerja Kependidikan, 4(1), 109–129.
Nur Efendi, & Muh Ibnu Sholeh. (2023). Manajemen Pendidikan Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran. Academicus: Journal of Teaching and Learning, 2(2), 68–85. https://doi.org/10.59373/academicus.v2i2.25
Oknaryana, O., Oktaviani, V., & Kurniawan, H. (2023). Perbedaan Hasil Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Discovery Learning Berbantu Aplikasi Quizizz dengan Pembelajaran Konvensional. Jurnal Ecogen, 6(2), 290. https://doi.org/10.24036/jmpe.v6i2.14708
Saputri, A. N., Roulia, A. R., & ... (2023). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Bangun Datar Dan Bangun Ruang Di Kelas …. Bersatu: Jurnal …, 1. Retrieved from https://journal.politeknik-pratama.ac.id/index.php/bersatu/article/view/266
Sejati, A. E., Nasarudin, N., Karim, A. T. A., Sugiarto, A., Harianto, E., & Sarwan, S. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Geografi secara Daring: Studi Siswa SMA Negeri 1 Samaturu, Sulawesi Tenggara. Jambura Geo Education Journal, 4(1), 68–76. https://doi.org/10.34312/jgej.v4i1.18863
Siti, L. (2023). Model Pembeajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pasca Pandemi Covid-19. Tedc, 17(1), 76. Retrieved from http://ejournal.poltektedc.ac.id/index.php/tedc/article/view/694
Sumaryanti, D. E. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar dengan Discovery Learning Berbantuan Media Laboratorium Virtual pada Materi Sistem Ekskresi Manusia. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(1), 83–91. https://doi.org/10.51169/ideguru.v8i1.436
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Jurnal Guru Pencerah Semesta
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.