MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS VII.II UPTD SMPN 19 BARRU

Penulis

  • Nurul Alfriani Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Ratu Yulianti Natsir Universitas Muhammadiyah Makassar,Indonesia
  • Yustina SMPN 19 Barru,Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.445

Kata Kunci:

Discovery Learning, Model Pembelajaran

Abstrak

Program Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) dijadikan sebagai salah satu bentuk untuk menerapkan pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk pembentukan guru yang profesional.tujuan penelitian tindakan Kelas ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seni budaya siswa kelas VII.II UPTD SMPN 19 Barru melalui model pembelajaran Discovery Learning. Pemantapan Profesi Keguruan (P2K) yang berlangsung di UPTD SMP Negeri 1 Barru, Kelurahan Lalolang, Kecamatan Tanete Rilau, kabupaten Barru di kelas IX.2 mata pelajaran terkhusus pendidikan Bahasa Inggris. Berdasarkan indikator keberhasilan yang ditetapkan oleh sekolah, siswa dikatakan tuntas secara individual apabila memperoleh skor minimal 78,00 dari skor ideal yaitu 100 (sesuai dengan KKM = 78,00). Dari data yang diperoleh setelah perlakuan dapat ditunjukkan bahwa pada siklus I dan II masih terdapat siswa yang kurang dari KKM (tidak tuntas). Namun pada dasarnya terdapat peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Budiningsih. 2005. Discovery Learning Sebagai Pemecahan Masalah Pendidikan Indonesia. Bandung: Bineka Cipta Utama.

Hanafy, 2014. Konsep Belajar Dan Pembelajaran. UIN Alauddin Makassar

Mulyono, 2013. Penerapan Multimedia Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Kompetensi Menguasai Elektronika Digital. Universitas Pendidikan Indonesia

Roestiyah, NK. 2001. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta. Sgala, Syaiful. 2003. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Diterbitkan

2022-07-30

Cara Mengutip

Alfriani, N. ., Yulianti Natsir, R. ., & Yustina. (2022). MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DAPAT MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN SENI BUDAYA PADA SISWA KELAS VII.II UPTD SMPN 19 BARRU. Jurnal Guru Pencerah Semesta, 1(1), 21–29. https://doi.org/10.56983/gps.v1i1.445

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.